Minggu, 30 Desember 2012

KEPERCAYAAN

Kepercayaan itu bukanlah sesuatu hal yang mudah didapat. Ketika orang lain udah percaya dan yakin terhadapmu, jangan pernah membiarkannya kecewa. Setiap orang bisa dengan mudah berkata-kata, berjanji, menunjukkan hal-hal yang membuat orang lain yakin, tapi tidak semua orang bisa berpegang teguh pada apa yang diucapkannya. Hanya orang-orang yang memiliki niat dari dalam hati yang bisa berpegang teguh pada perkataannya. Biasanya orang yang tidak bisa memegang perkataannya itu, mereka hanya sekedar berkata tanpa pernah tahu akibat dari segala yang diucapkannya. Padahal mereka telah membuat yakin orang-orang yang menaruh harapan besar terhadapnya. Dulu aku pernah mempercayai seseorang, aku sangat yakin dengan segala yang ia ucapkan. Sampai pada akhirnya dia menyalahkan aku atas segala hal yang terjadi dalam hidupnya. Lalu, ia berubah. Ia melupakan segalanya. Aku bukan hanya kecewa, tapi juga jatuh dan terpuruk. Aku sangat tidak menyukai kalo ada orang yang mengaitkan suatu kejadian dengan apa yang terjadi di masa lalu. Padahal aku sendiri pun belum benar-benar tahu apa yang sebenernya terjadi, apalagi orang lain. Hal yang paling menyakitkan dalam hidup aku adalah ketika aku menemukan seseorang yang tadinya menurutku adalah malaikat, lalu ternyata ia tidak seperti yang aku bayangkan. Bukan seperti orang yang aku pikirkan sebelumnya. Aku membenci segala macam perubahan. Terutama perubahan dalam diri seseorang. Bayangkan saja seperti kamu memegang sebuah kotak berisi buah, kamu mengetahui bahwa isi kotak tersebut adalah melon, buah kesukaanmu. Tapi ketika kamu membukanya yang kamu temukan bukan melon, tapi apel. Mungkin kamu masih bisa memakannya, tapi kebahagiaan dan keceriaan yang kamu rasakan bukan seperti ketika kamu memakan melon kesukaan kamu itu.

...Sangat sulit untuk menentukan yang mana yang benar (dari segala kata yang pernah terucap), tapi ada baiknya tidak terlalu mudah menaruh kepercayaan terhadap orang lain, sekalipun ia adalah orang yang paling dekat denganmu. Karena rasa kecewa yang kamu dapat ketika mempercayai orang yang salah, rasanya lebih besar dari kebahagiaan yang kamu dapat ketika berada di dekatnya. Dan itu sangat perih...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar